
Panduan Pengukuran Kualitas Kebijakan
Panduan resmi pelaksanaan dan pengisian Indeks Kualitas Kebijakan (IKK) oleh Instansi Pemerintah, berdasarkan prinsip berbasis bukti (evidence-based) sebagai bagian dari Reformasi Birokrasi.

Instrumen Pengukuran Kualitas Kebijakan
Buku instrumen ini memuat rincian dimensi, indikator, penjelasan setiap indikator, serta pembobotan yang digunakan dalam pengukuran Indeks Kualitas Kebijakan (IKK).

Manual Sistem Informasi IKK 2025
Panduan manual sistem informasi pelaksanaan dan pengisian Indeks Kualitas Kebijakan (IKK) oleh Instansi Pemerintah, yang berbasis web untuk memudahkan proses pengukuran.
๐น Kick-Off Pengukuran Kualitas Kebijakan
Kick-Off Pengukuran Kualitas Kebijakan (IKK) merupakan acara pembukaan resmi yang menandai dimulainya proses pengukuran IKK secara nasional. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman menyeluruh kepada seluruh instansi pemerintah mengenai tujuan, tahapan, serta mekanisme pelaksanaan pengukuran IKK, sekaligus memperkuat komitmen bersama dalam meningkatkan kualitas kebijakan berbasis bukti.
๐น Sosialisasi Pengukuran Nasional IKK
Tonton video berikut untuk memahami lebih lanjut tentang proses pengukuran kualitas kebijakan dan panduan pelaksanaannya.
๐ Tentang IKK
Indeks Kualitas Kebijakan (IKK) adalah instrumen untuk mengukur kualitas kebijakan pemerintah, terutama dampak terhadap pembangunan strategis, dengan pendekatan self-assessment yang berbasis bukti.
Terdiri dari 4 dimensi dan 1 profil:
- Perencanaan Kebijakan
- Implementasi Kebijakan
- Evaluasi dan Keberlanjutan Kebijakan
- Transparansi dan Partisipasi Publik
- Profil Kelembagaan
๐งช Metode Pengukuran
3 Kebijakan
Setiap instansi menyampaikan 3 Kebijakan Pembangunan Strategis
3 Tahun Terakhir
Kebijakan sudah diimplementasikan dalam 3 tahun terakhir
Online System
Pengisian melalui Sistem Informasi IKK berbasis web
๐ฅ Pelaksana Pengukuran
1๏ธโฃBoard Member
Terdiri atas pakar, akademisi, dan pejabat yang berkompeten di bidang kebijakan publik. Board Member memiliki tugas memberikan pertimbangan terhadap proses pengukuran kualitas kebijakan dan penetapan penilaian akhir.
2๏ธโฃCommand Center
Direktorat Strategi Peningkatan Kualitas Kebijakan Administrasi Negara LAN yang bertanggung jawab secara keseluruhan terhadap pengelolaan pelaksanaan pengukuran kualitas kebijakan.
3๏ธโฃKoordinator Nasional
Pejabat fungsional Analis Kebijakan di LAN yang menjadi penanggung jawab komunikasi dan koordinasi dengan Instansi Pemerintah.
4๏ธโฃTim Verifikator
Pejabat fungsional Analis Kebijakan di LAN yang melakukan verifikasi terhadap penilaian mandiri berdasarkan bukti dukung.
5๏ธโฃKoordinator Instansi
Pejabat di Instansi Pemerintah yang ditunjuk sebagai penanggung jawab komunikasi dan koordinasi dengan Koordinator Nasional.
6๏ธโฃAnalis Instansi
Pejabat fungsional Analis Kebijakan yang melakukan penilaian mandiri (self assessment) dan pemenuhan bukti dukung.
๐ Proses Bisnis Pengukuran
Self-assessment oleh Instansi Pemerintah
Verifikasi oleh Tim LAN
Penyampaian feedback
Perbaikan berdasarkan feedback
Pembahasan bersama Board Member
Penetapan hasil oleh Pimpinan LAN