Panduan Resmi

Panduan Pengukuran IKK 2025

Dokumen lengkap untuk pelaksanaan dan pengisian Indeks Kualitas Kebijakan berbasis bukti

Cover Panduan IKK
๐Ÿ“˜ Dokumen Resmi

Buku Panduan IKK 2025

Panduan resmi pelaksanaan dan pengisian Indeks Kualitas Kebijakan (IKK) oleh Instansi Pemerintah, berdasarkan prinsip berbasis bukti (evidence-based) sebagai bagian dari Reformasi Birokrasi.

๐Ÿ“น Sosialisasi Pengukuran Kebijakan

Tonton video berikut untuk memahami lebih lanjut tentang proses pengukuran kebijakan dan panduan pelaksanaannya.

๐Ÿ“Œ Tentang IKK

Indeks Kualitas Kebijakan (IKK) adalah instrumen untuk mengukur kualitas kebijakan pemerintah, terutama dampak terhadap pembangunan strategis, dengan pendekatan self-assessment yang berbasis bukti.

Terdiri dari 4 dimensi dan 1 profil:

  • Perencanaan Kebijakan
  • Implementasi Kebijakan
  • Evaluasi dan Keberlanjutan Kebijakan
  • Transparansi dan Partisipasi Publik
  • Profil Kelembagaan

๐Ÿงช Metode Pengukuran

๐Ÿ“Š

3 Kebijakan

Setiap instansi menyampaikan 3 Kebijakan Pembangunan Strategis

โฐ

3 Tahun Terakhir

Kebijakan sudah diimplementasikan dalam 3 tahun terakhir

๐Ÿ’ป

Online System

Pengisian melalui Sistem Informasi IKK berbasis web

๐Ÿ‘ฅ Pelaksana Pengukuran

1๏ธโƒฃBoard Member

Terdiri atas pakar, akademisi, dan pejabat yang berkompeten di bidang kebijakan publik. Board Member memiliki tugas memberikan pertimbangan terhadap proses pengukuran kualitas kebijakan dan penetapan penilaian akhir.

2๏ธโƒฃCommand Center

Direktorat Strategi Peningkatan Kualitas Kebijakan Administrasi Negara LAN yang bertanggung jawab secara keseluruhan terhadap pengelolaan pelaksanaan pengukuran kualitas kebijakan.

3๏ธโƒฃKoordinator Nasional

Pejabat fungsional Analis Kebijakan di LAN yang menjadi penanggung jawab komunikasi dan koordinasi dengan Instansi Pemerintah.

4๏ธโƒฃTim Verifikator

Pejabat fungsional Analis Kebijakan di LAN yang melakukan verifikasi terhadap penilaian mandiri berdasarkan bukti dukung.

5๏ธโƒฃKoordinator Instansi

Pejabat di Instansi Pemerintah yang ditunjuk sebagai penanggung jawab komunikasi dan koordinasi dengan Koordinator Nasional.

6๏ธโƒฃAnalis Instansi

Pejabat fungsional Analis Kebijakan yang melakukan penilaian mandiri (self assessment) dan pemenuhan bukti dukung.

๐Ÿ” Proses Bisnis Pengukuran

1

Self-assessment oleh Instansi Pemerintah

2

Verifikasi oleh Tim LAN

3

Penyampaian feedback

4

Perbaikan berdasarkan feedback

5

Pembahasan bersama Board Member

6

Penetapan hasil oleh Pimpinan LAN

๐Ÿ“ฎ Layanan Informasi

Direktorat Strategi Peningkatan Kualitas Kebijakan Administrasi Negara LAN RI
Jalan Veteran No. 10 Gedung B Lantai 3, Jakarta 10110

SOBAT BIJAK

๐Ÿ“ฑ

WhatsApp Helpdesk

Chat only - Respon Cepat

+62 821-2550-0053

Chat Sekarang

๐ŸŒ Info Terbaru IKK